Peserta Yoga Paskalister

   

Berawal dari Workshop Yoga Therapy yang diadakan di Paroki Kramat, dalam rangka memperingati  Hari Yoga Internasional yang ke-5 pada tgl 22 Juni 2019 yang lalu, ternyata peserta terbanyak yang ikut workshop tsb dari Paroki Cempaka Putih – St. Paskalis yaitu sebanyak 21 peserta. Beberapa peserta menanyakan mengapa di Paroki Cempaka Putih – St. Paskalis tidak diadakan pelatihan yoga. Atas gagasan Bpk Arief, maka diajukan permohonan izin pelatihan yoga kepada Romo Agung Suryanto OFM selaku Ketua Umum Dewan Paroki Cempaka Putih – St. Paskalis. 

   Setelah mendapat izin dari Romo Agung Suryanto OFM, ditentukan pelatihan Yoga perdana yg dinamakan YOGA PASKALISTER (credit to pak Arief) pada hari Jumat 2 Agustus 2019 jam 18:00 – 19:00, dengan 34 peserta + 1 Romo Agung Suryanto OFM. Pelatihan yoga perdana diawali dengan doa + berkat dan sambutan dari Romo Agung OFM, dilanjutkan dengan pembukaan dari pak Arief selaku koordinator yoga Paskalister, kemudian perkenalan dan pelatihan yoga dengan instruktur yoga pak Ben Setiadi. 

   Setiap pelatihan yoga diawali dengan meditasi hening (terjadilah padaku menurut kehendakMu) menyatukan diri kita sekarang dan di tempat ini (now and here) dengan napas perlahan dan lembut agar dalam pelatihan yoga dapat lebih fokus dan penuh kesadaran (mindfully awareness), sehingga lebih bermanfaat untuk kesehatan kita. Kemudian dilanjutkan dengan Doa Damai dari St. Fransiskus Asisi “Jadikanlah Aku Pembawa Damai” untuk mentransformasi batin kita agar lebih tenang dan damai dalam melaksanakan pelayanan di keluarga, lingkungan, wilayah dan paroki.

    ARTI YOGA

Yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang artinya union yaitu Penyatuan Diri Kita dengan Tuhan, Sesama dan Alam. Yoga bukan ajaran agama, melainkan ilmu pengetahuan tentang keseimbangan /keselarasan tubuh, pikiran dan batin kehidupan manusia.

   METODE YOGA

Metode yoga yang diterapkan Hatha Yoga (Authentic Yoga Tradition) yg menjadi standard internasional dari Kementrian Kesehatan India. Terdiri dari ASANA – olah tubuh, PRANAYAMA – olah napas, dan MEDITASI – olah batin.

   MENGAPA YOGA

Karena pola hidup yang tidak baik: stress di rumah dan di kantor, polusi, radiasi HP/komputer/TV, kurang tidur, kurang olah raga. Pola makan yang tidak sehat: makan makanan yg mengandung 4-P (pengawet, penguat rasa, pewarna dan pestisida) 

Dengan latihan yoga memberi manfaat untuk peningkatan kualitas kesehatan yang lebih baik.

   MANFAAT YOGA 

Peningkatan Fungsi Otak, Mengurangi Stres, Menyeimbangkan  Kekebalan Tubuh (imunitas), Peningkatan Kelenturan Tubuh, Menyeimbangkan Tekanan Darah, Peningkatan Kapasitas Paru, Peningkatan Fungsi Seksual, Mengurangi Nyeri Leher & Tulang Belakang Kronis, Menghilangkan Kecemasan, Mengontrol Kadar Gula Darah, Peningkatan Keseimbangan Tubuh, Tulang Lebih Kuat, Berat Badan Seimbang, Mengurangi  Resiko Penyakit Jantung.

   TUJUAN YOGA

Diadakannya pelatihan Yoga Therapy ini, agar warga paroki Cempaka Putih – St. Paskalis selalu sehat dan semangat dalam melayani keluarga dan sesama. Dalam pelatihan yoga ini dijelaskan cara latihan yoga dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan cara yg baik dan benar agar berguna bagi kesehatan dan tidak mengakibatkan cedera pada tubuh kita. Semua gerakan yoga diajarkankan secara detail dan jelas berdasarkan panduan standard internasional Common Yoga Protocol dari Kementrian Kesehatan India.

   PESERTA YOGA

Wanita dan Pria 12 – 75 tahun

  JADWAL YOGA

Selasa, 19:30 – 20:30

Jumat, 18:00 – 19:00

Aula Lt. Bawah GKP

Gereja St. Paskalis, Cempaka Putih

Jl. Letjend Suprapto C1/23

JAKARTA PUSAT

 

HUBUNGI

Bp. Arief - 0811913862

Bp. Ben   - 081214599288