I.    Apakah KKMK ?

Dalam rangka mengembangkan dan menyegarkan semangat kerja, demi tercapainya  cita-cita  bangsa dan negara, yakni  menciptakan masyarakat  adil  dan  makmur,  karyawan  muda  katolik    sebagai warga  negara  Republik Indonesia  mempunyai hak dan  kewajiban untuk terlibat langsung mengembangkan sumber daya dan pikiran.

Untuk   mewujudkan cita - cita  tersebut,  dibentuklah  wadah  bagi karyawan  muda  katolik  dengan  nama  “  Kelompok  Karyawan Muda Katolik “ atau KKMK,  agar mampu mengorganisir diri  dan mampu menjalankan fungsi serta tugasnya dalam kerasulan awam melalui  kegiatan-kegiatan  dengan dasar  pribadi  yang  utuh  dan profesionalis kerja.

II.   Riwayat Berdirinya KKMK Paskalis

Kelompok Karyawan Muda Katolik St. Paskalis terbentuk  dengan di awali acara  perkenalan KKMK  dan  seminar oleh  Bpk.  Sonny Vin dengan tema “ Maximize Your life  with winning Attitude ” pada tanggal 6 Mei 2006 yang diprakasai oleh Tina, Else, Inggrid, Dina, Win, Rinus, Cicil, Silvie dan Susi. Disusul kemudian  dengan  diselenggarakan  rapat  perdana   dan pemilihan    pengurus   KKMK  pada    tanggal  18 Mei 2006   yang dihadiri oleh 17 peserta, dan tanggal  tersebut  ditetapkan sebagai tanggal berdirinya KKMK dengan   ketua terpilih  Badan Pengurus Harian  adalah Sdri. Agustina Lumban Gaol  untuk periode 2006 – 2007.

III.  VISI DAN MISI KKMK

Visi dan misi KKMK St. Paskalis mengacu pada visi dan misi  KKMK KAJ yaitu ” Pengembangan Kepribadian dan Profesionalisme  Kerja Karyawan Muda Katolik berdasarkan iman kristiani dan Persaudaraan Kasih”

Sedangkan tujuan dari KKMK adalah :

  • Mengembangkan kerohanian, pengetahuan serta ketram – pilan Karyawan Muda Katolik agar menjadi karyawan yang  profesional. Mengembangkan  semangat  dan  meningkatkan  kualitas persaudaraan dan kasih Kristiani. Menumbuhkan  kesadaran Karyawan  Muda Katolik  akan panggilannya  sebagai   putra - putri   gereja  dan   negara dengan pembinaan kerasulan awam

# Siapa saja yang bisa menjadi anggota KKMK ?

Anda..yang merasa muda, karyawan dan katolik berusia 17-40 tahun, dari berbagai tingkat pendidikan dan profesi, silahkan bergabung bersama kami, agar semakin banyak orang yang merasakan manfaat dari setiap kegiatan yang kami adakan.

# Apa saja kegiatan KKMK Paskalis ?

Untuk menambah keakraban, kami mengadakan pertemuan rutin, seperti diskusi, pembuatan parcel, bedah buku, seminar motivasi bersama public speaker ternama seperti  Yansen Sinamo, Louis Sastrawijaya, Sonny Vin, Frans Budi  dan kegiatan lainya. Pada masa periode 2006-2007 pertemuan rutin diadakan 2 minggu sekali, dan pada periode 2007-2008 pertemuan diadakan 3 minggu sekali, agar persiapan isi dari pertemuan tersebut bisa lebih baik dan berkualitas.

# Kegiatan  apa  saja  yang sudah pernah diadakan KKMK St. Paskalis ?

  • Kordinator Paskalis Cup 2006
  • Bekerjasama dengan  kelompok kategorial,  mengadakan  talkshow untuk kaum  muda pada  tanggal 10 Maret 2006
  • Tea walk dan Camping diParigi,Sukabumi bersama KKMK Paroki Keluarga Kudus, St.  Ana  dan St.  Yakobus  pada  bulan Desember 2006.
  • Paskah bersama di aula atas  gereja St. Paskalis dengan tema ” Change or Lose ”  bersama Sonny Vinn pada tggl 28 April 2007   
  • First anniversary KKMK St. Paskalis,  26 Mei 2007
  • Rekolesi KKMK Paskalis di Vila Berkat – Cibodas dengan tema ” Jesus, Church & Me ” bersama Rm. Harry,  23-24 Juni 2007.
  • Membantu perayaan Reuni Mudika,  Legio dan Misa Perdana Rm. Harry pada  tanggal 19 Agustus 2007
  • Panitia Misa & Gathering KKMK se-KAJ dengan tema ” Aku  Jatuh Cinta Lagi ” pada  tanggal 4 November 2007, di aula  Gereja St. Ignatius Loyola – Menteng.   
  • Nonton  bareng  KKMK  di aula  gereja St. Paskalis  dengan judul  film  ” The Pursuit  of Happiness ” pada  tanggal  27 Oktober 2007   
  • Seminar  bersama  Bpk. Frans Budi dengan tema ”  Instant  Emotional Management Technic” di aula gereja St. Paskalis   tanggal 17 November 2007
  • Bedah buku  dan  film ”  The Secret  ”  oleh  Bpk.  FX  Budi     Hendarto pada tanggal 8 Desember 2007 di aula atas gereja St. Paskalis.       

Selain kegiatan-kegitan resmi tersebut, KKMK juga mengadakan acara-acara informal sepeti jalan bareng, wisata kuliner, karaoke dan nonton bareng Semua itu ditujukan untuk lebih membina Iman Kristiani, dan keakraban antar anggota KKMK serta pengembangan sumber daya profesional.

# Bagaimana Peran KKMK Paskalis di tengah Umat Paroki hingga saat ini ?

KKMK Paskalis saat ini, walau manghadapi kendala ditengah kesibukan masing-masing sebagai penggurus, KKMK tetap mencoba aktiv dalam pelayanan dalam mengisi Kegiatan bermanfaat bagi Anggota KKMK khususnya maupun Umat Paroki Pada Umumnya , juga bergabung dalam Kegiatan dengan Kelompok Kategorial Lain, SIE Lingkungan Hidup, PSE, Legio Maria, OMK melalui beberapa Kegiatan antara lain Forum Diskusi(ForDis)/Seminar, Nonton Bareng, Olah raga santai bareng, Rekreasi, Baksos, membantu Sie Lingkungan hidup dalam Acara Hari Lingkungan Hidup, pameran barang daur ulang yang diadakan hampir setiap tahun, kerja sama dengan OMK dalam acara tahunan Misa Kaum Muda Dekenat Pusat (MKMD), Pelaksana Kepanitiaan Kegiatan KKMK CUP KAJ 2011 Dekenat Utara & Dekenat Pusat(KKMK Paskalis).

# Pengalaman Hidup Menggereja Kelompok Kategorial KKMK (OMK)?

KKMK dari mulai berdirinya hingga saat ini di Generesi Tahun Ke V (2006 – 2011) mengalami penyusutan jumlah dan peminat untuk bergabung dalam kegiatan KKMK dari tahun-tahun sebelumnya, Kenyataan ini tidak menyurutkan beberapa Rekan-Rekan Pengurus / Pendiri yang masih berjiwa muda untuk tetap berusaha menghidupkan mengaktivkan kembali Kegiatan dan keberaadaanya di Paroki Paskalis bagi pemberdayaan Umat Basis.
Menyikapi Hal ini ditengah – tengah, masyarakat yang modern ini semakin banyak Umat lalu lalang mencari kesibukannya masing-masing sebagai Orang muda, ada yang bersikap arogan/masa bodoh, ingin berkembang, biasa-biasa saja, ingin dikenal diakui di masyarakat, ingin membantu sesama, ingin mencari pasangan hidup. Sikap-sikap ini memang perlu kita cermati secara pola pikir pandangan  individu dan tatangan hidup Orang Muda zaman sekarang terhadap arus perkembangan jaman yang makin Egois, yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup menggereja, yang perlu diluruskan melalui wacana-wacana perihal hidup yang berimbang dalam keutamaan hidup pribadinya masing-masing maupun pelayanan yang ia harapakan berimbang dalam kelompok kategorial khususnya mampu bertanggung jawab memegang jabatan.
Hal-hal umum diatas tercermin dalam kehidupan kita menggereja pada umumnya, banyak kendala perkembangan umat basis dalam wadah kategorial, lingkungan wilayah, dan seksi-seksi,  karena faktor – faktor diatas Condong akan kehidupan pribadinya dan mengesampingkan tugas dan tanggung jawab yang dipegang atau setengah hati apabila suasana oraganisasi kurang kondusif lagi.  Selama ini sebagai anggota pengalaman, yang Kita Harapkan / didapatkan dalam menggikuti kegiatan – kegiatan baik forum diskusi (fordis) atau seminar, maupun acara-acara informal yang sudah diadakan KKMK Paskalis adalah rasa percaya diri yang hidup, dalam hubungan sosialiatas sebagai warga negara,  khususnya pekerja muda, dalam peningkatan profesioanalitas dan semangat kerja, kecerdasaan emosional antar umat, atittude dalam karier, peningkatan iman dalam kegiatan-kegiatan kerohanian, menambah wawasan semangat daya saing kerja, peningkatan ketrampilan berwirausaha, peningkatan kehidupan kekeluargaaan menggereja yang harmonis terhadap masing anggota, melalui wjud saling share/berbagi kasih peduli, terhadap berita suka maupun duka yang dialami masing-masing pengurus anggota.
Harapan dan Visi KKMK Paskalis yang kita cita-citakan mewujudkan umat paskalis dalam pemberdayaan kepribadian, iman sebagai Karyawan muda dan menjalin persaudaraan kasih antar sesama umat paroki dalam wadah keanggotaaan kelompok kategorial KKMK maupun Umum(Umat) yang bebas berpartisipasi aktiv  mengembangkan kepribadian, sikap atittudenya agar lebih baik dalam kehidupan menggereja,  terlebih difokuskan bagi pekerja –pekerja muda yang mandiri , bermartabat, profesional, beriman, bertumbuh dan berkarya menjadi lebih baik ditengah tatanan masyarakat majemuk dalam menyikapi kehidupan Globalisasi.

Contact Person :

Ketua  : Matias B. Pinem, email : [email protected], [email protected]
Wakil  : Robertus, Kontak 0815-11122890, email : [email protected]

Date Updates
Sab, 21/01/2017 - 10:00
Kategori